Berita Baru Klik Di bawah ini

Berita Terbaru Klik di bawah ini

Pages

Senin, 18 April 2011

Banyak Muslim Salah Kaprah Soal Jihad


"Jika ada dialog, sesungguhnya Muslim dan Barat bisa saling berangkulan."

Mantan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab meluncurkan buku soal konflik Islam dan Barat. Menurut dia, konflik Islam dan Barat sudah lama terjadi, dan puncaknya terjadi di masa abad pertengahan. Sejak saat itulah, permusuhan Islam dan Barat terus berlangsung hingga saat ini.

"Selama ini, sejarah pertentangan antara Islam dan Barat seperti telah menembus alam bawah sadar masing-masing,” kata Alwi Shihab, dalam peluncuran bukunya yang berjudul: “Examining Islam in the West”, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin 18 April 2011.

Menurut Alwi, harus diakui, hingga kini masih banyak Muslim dan kalangan Barat yang tidak cukup mengetahui komprehensif tentang ajaran agama mereka. Itulah yang memunculkan stigmatisasi masing-masing, yang berujung pada permusuhan.

"Jika ada dialog, sesungguhnya Muslim dan Barat bisa saling berangkulan, bekerja, dan bertepuk tangan," ujarnya.

Menurut dia, pemahaman jihad melalui kekerasan memang marak. Namun demikian, harus dipahami bahwa tidak semua muslim sepakat dengan tindakan jihad muslim melalui kekerasan.

Alwi juga menyentil pemahaman Barat yang kerap menggambarkan muslim selalu memakai jalan kekerasan. Pemahaman Barat yang demikian, menurut Alwi, akibat pola pikir sebagian kalangan Barat yang masih terpengaruh pemikiran Abad Pertengahan.

Alwi mengungkapkan, harus diakui umat muslim juga belum bisa menyajikan Islam secara toleran dan bisa dimengerti kalangan Barat. Kadang-kadang Islam disajikan dengan cara yang rumit, bahkan pikiran orang-orang biasa tidak bisa menyerap.

“Hal ini menjadi tantangan terbesar bagi sarjana Muslim di Barat untuk menyebarkan dan menyebarkan citra positif dan toleran ajaran Islam,” ujarnya.

Alwi berharap, melalui buku “Examining Islam in the West” pemahaman antara Islam dan Barat bisa sama-sama saling dikoreksi. Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, merupakan terjemahan dari buku versi bahasa Indonesia yang berjudul “Membedah Islam di Barat” yang sebelumnya juga diterbitkan oleh penerbit yang sama pada tahun 2004.

Hasil refleksi dan diskusi dari berbagai peristiwa atas interaksi Islam-Kristen dan pengalaman Alwi dalam mengajarkan Islam di berbagai kampus serta forum di Amerika Serikat itulah yang dia tuangkan dalam bentuk buku. Peluncuran buku itu, juga dihadiri Duta Besar Amerika untuk Indonesia Scot Marciel.

0 komentar:

Posting Komentar